Sunday, May 3, 2020

TUTORIAL CARA INSTAL WINDOWS 10 LENGKAP DENGAN GAMBAR


Cara Instal Windows 10 - Menginstal ulang windows memang menjadi solusi ketika terdapat masalah pada laptop/komputer kita dan memilih untuk menginstal windows 10 merupakan pilihan yang bijaksana  karena seperti yang kita tahu banyak sekali kelebihan dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan windows 10 kepada penggunanya. Selain itu dengan kita menginstal ulang windows kita dapat menyelesaikan berbagai macam masalah bahkan masalah yang paling kusut sekalipun bisa teratasi.

Menginstal ulang windows berarti menghapus seluruh data yang ada pada hardisk komputer anda bahkan virus juga akan ikut terhapus dan menggantinya dengan sistem yang baru. Jadi mohon diperhatikan saat menghapus drivernya dan pastikan anda tidak menyimpan file penting pada partisi C atau Local Disk C. Jika ada data yang penting maka amankan terlebih dahulu dengan cara pindahkan pada Local Disk lainnya selain Local Disk C.

Oke sebelum membahas cara instalasinya sebaiknya pastikan terlebih dahulu anda telah memenuhi syarat-syarat berikut ini :
  1. Pastikan spesifikasi minimum Laptop/Komputer anda memenuhi syarat
  2. Ketahui terlebih dahulu type processor anda 32 bit atau 64 bit
  3. Siapkan terlebih dahulu driver windows yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja sistem windows yang dilakukan setelah penginstalan selesai
  4. Siapkan master-master aplikasi yang anda butuhkan karena setelah penginstalan selesai aplikasi yang sebelumnya akan terhapus dan hanya ada aplikasi bawaan windows yang terbatas
  5. Pastikan anda telah memiliki file ISO windows 10 yang akan anda instal. Jika anda belum memilikinya silahkan download terlebih dahulu pada link berikut ini (Download Windows 10 ISO Full Version 64 bit)
Catatan : Pada saat instalasi kita memerlukan Booting pertama kali dari Drive CD/DVD atau dari USB/Flasdisk yang berisi intaller Windows 10.

Oke langsung saja ke Cara Instal Windows 10 Lengkap dengan Gambar :

Sambungkan terlebih dahulu Drive installer yang akan anda gunakan pada Laptop / Komputer yang akan anda instal
Selanjutnya nyalakan laptop dengan menekan tombol F12 (jika laptop anda toshiba, kemungkinan setiap laptop berbeda-beda)
Selanjutnya pilih Booting menggunakan Drive yang anda tentukan tadi (CD/USB) kemudian klik enter (disini saya mencontohkan menggunakan USB)


Jika sudah  maka akan muncul halaman dengan tulisan "Press any key to boot from USB..." kemudia klik enter untuk memulai instalasinya.

Selanjutnya pilih bahasa english kemudian klik next

Selanjutnya klik Instal Now untuk melanjutkan


Masukan Produck Key Windows 10 (Jika anda belum memiliki product key nya silahkan klik "I don't have a product key"


Selanjutnya ceklist checkbox yang bertuliskan "I accept the license terms" kemudian klik next


Selanjutnya pilih Custom : Instal Windows Only (Advanced)


Selanjutnya format terlebih dahulu partisi 1 dan partisi 2 kemudian pilih partisi untuk penginstalan dan klik next


Memulai instalasi secara otomatis (tahap ini akan berlangsung secara otomatis dan laptop/komputer akan melakukan restart beberapa kali, biarkan saja dan jangan menyentuh tombol apapun smpai proses selesai)


Jika sudah selesai dan laptop sudah melakukan restart beberapa kali maka akan muncul setting data dengan memasukan nama dan setting lainnya yang bisa anda isi bebas.
Jika anda sudah selesai mengisi datanya maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Selesai deh

Note : Setelah melakukan instal windows lakukan cek driver windows seperti resolution, audio, network atau yang berhubungan sesuai dengan merk laptop anda. Karena DRIVER memiliki peran snagat penting untuk memaksimalkan performa Laptop / Komputer anda, berpengaruh juga sama kerja aplikasinya. Biasanya driver diberikan terpisah saat anda membeli Laptor berbentuk CD/DVD, namun jika anda tidak memilikinya silahkan download terlebih dahulu di internet. Tapi biasanya sebagian besar untuk Laptop modern sudah terintegrasi dengan system secara otomatis. 


Previous Post
Next Post

1 comment: