Monday, April 27, 2020

Cara Mencegah Virus COVID-19

Cara Mencegah Virus COVID-19

Virus COVID-19 dapat menyebar dengan sangat cepat melalui kontak langsung dengan orang yang positif COVID-19. Oleh karena itu untuk menghindari tertularnya virus corona atau COVID-19 ini perlu melakukan penegahan mandiri yang dapat kita lakukan sendiri. Adapun cara mencegah tertularnya virus ini yaitu dengan melakukan hal berikut ini :

1. Rajin mencuci tangan

Jika biasanya anda mencuci tangan hanya menggunakan air saja, sekarang biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik dengan menggosok seluruh bagian tangan hingga sela-sela jari dan ujung kuku.

2. Physical distencing

Saat ini WHO telah resmi mengubah istilah Social distencing menjadi Physical distencing. Istilah tersebut lebih cocok melihat keadaan saat ini yang semakin parah. Istilah tersebut memiliki arti menjaga jarak fisik. Untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini yaitu salah satunya dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain terutama dari orang yang memiliki gejala seperti batuk atau bersin. Karena jika anda tidak menjaga jarak bisa memungkinkan anda menghirup cairan dari orang yang berkemungkinan terjangkit virus corona saat orang tersebut batuk atau bersin. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga jarak fisik atau Physical distencing.

3. Gunakan masker saat terpaksa keluar rumah

Saat anda terpaksa harus keluar rumah karena suatu hal yang mendesak usahakan selalu menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona. Penggunaan masker juga berfungsi 

4. Hindari memegang area mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor

Kebanyakan orang memegang area wajah sudah menjadi kebiasaan. Akan tetapi untuk mencegah virus corona ini salah satunya dengan menghindari memegang area wajah seperti mata, hidung dan mulut saat anda belum cuci tangan atau tangan anda kotor karena virus dapat berpindah melalui tangan dan kemudian bisa masuk kedalam tubuh melalui hidung ataupun mulut.

5. Dirumah aja

Meskipun anda tidak memiliki gejala apapun namun tetap saja tidak menutup kemungkinan bahwa anda tidak memiliki bibit virus COVID-19 yang dapat anda tularkan kepada orang lain. Oleh karena itu tetap dirumah aja untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Tindakan dirumah aja dapat membuat anda terhindar dari virus corona bagi yang tidak terjangkit. Namun untuk yang sudah terjangkit tetap penting untuk dirumah aja mengisolasi diri supaya dapat membantu memutus mata rantai penyebaran virus ini.


Previous Post
Next Post

0 comments: