Thursday, April 2, 2020

VIRUS CORONA (COVID-19)

MENGENAL VIRUS COVID-19

Apa itu COVID-19 ?


Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus corona yaitu virus yang saat ini sedang mewabah dan menyebabkan penyakit dan merupakan jenis virus yang dapat menginfeksi manusia. Virus ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Covid-19 ini merupakan salah satu virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Kini WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global atau dapat dikatakan wabah yang meluas ke berbagai negara termasuk Indonesia. WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi karena Covid-19 ini memiliki kriteria yaitu :
1. Covid-19 ini dapat menyebabkan kematian
2. Covid-19 telah menyebar hampir ke seluruh dunia
3. Covid-19 menyebar dan menular dari manusia ke manusia dengan sangat cepat dan tak terkendali
dengan demikian WHO menetapkan status pandemi pada virus ini dengan meminta kepada seluruh negara untuk meningkatkan penanganan virus Covid-19 ini dalam hal mendeteksi, mengetes, mengisolasi kasus-kasus terkait corona dan dalam hal merawat pasien yang terkena kasus corona. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau obat khusus untuk virus corona ini. 

Bagaimana Virus Corona Menyebar ?

Covid-19 atau virus corona diduga ditularkan dari hewan kelelawar dan ular. Adapun penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi corona, melalui droplet (partikel air liur) yang keluar saat seseorang bersin atau batuk.

Berapa Lama Masa Inkubasi Virus Corona?

Masa inkubasi virus corona ini sekitar 2-14 hari. Masa inkubasi merupakan masa saat pasien pertama kali tertular virus hingga menunjukan gejala awal. Gejala yang dapat ditimbulkan jika seseorang tertular virus corona diantaranya yaitu batuk, bersin, sesak nafas, sakit kepala, demam tinggi lebih dari 37 derajat celcius. Namun tidak semua orang yang terpapar virus corona memiliki gejala tersebut, banyak juga yang terpapar virus corona namun tidak memiliki gejala apapun. Hal tersebut tergantung kekuatan imun tubuh kita dalam melawan virus corona tersebut.

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona ?

Virus corona dapat menular melalui tangan, jadi untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan rutin cuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan mengunakan sabun, usahakan bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dengan kadar alcohol minimal 60%. Terapkan Social Distancing salah satunya dengan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang-orang yang sedang batuk atau bersin. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor terutama bagian hidung, mata dan mulut. Gunakan masker saat sedang sakit dan usahakan mengisolasi diri dengan cara #stayathome atau #dirumahaja jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak. Dengan demikian kita tidak hanya dapat mencegah tertularnya virus corona namun juga dapat membantu memutus rantai penularan virus corona tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga pandemi ini segera berakhir.
Salam rebahan #stayathome ☺ 

Previous Post
First

0 comments: